Home 9 Bisnis Printing 9 SPK dan Nota Bisnis Printing Tercatat Rapi

SPK dan Nota Bisnis Printing Tercatat Rapi

by | Mar 7, 2023

Apa itu Surat Perintah Kerja

SPK di bisnis printing
source : pexels

Surat Perintah Kerja yang biasa disebut surat tugas adalah surat dari pemilik bisnis , atasan , dan pemangku kewenangan yang diserahkan kepada pegawai atau bawahannya untuk melakukan sesuatu sesuai kebutuhan bisnisnya. Pemberian surat perintah kerja bisa dilakukan di internal kantor pemilik bisnis sendiri atau di bisnis tempat orang lain. 

Pembuatan SPK ini bisa dibuat agar tidak ada hal yang ambigu dan ketidakpastian dari pengguna jasa dan pada suatu hal yang dikerjakan oleh penyedia jasa. Sehingga SPK ini dasanya memudahkan kedua belah pihak karena persetujuannya jelas dan apa yang dikerjakan juga jelas. 

Baca juga SPK di dunia Printing

SPK ini memiliki kegunaan yang sama dengan kontrak kerja yaitu adanya kebutuhan dari pihak pengguna jasa dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh penyeda jasa. Di sisi penyedia jasa akan memiliki “hak tagih” pembayaran yang valid dan sah kepada pengguna jasa apabila jasa yang dikerjakan sudah selesai. Di sisi pengguna jasa , kita bisa membuat ketentuan – ketentuan sejelas – jelasnya sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa.

SPK ini harapannya bsia dibuat sejumlah rangkap dua oleh pengguna jasa dan penyedia jasa yang ditandatangani oleh keduanya. Apabila di sini sudah ditandatangani maka berarti di sini keduanya tertanda mengetahui dan menyetujui perjanjian yang sudah dibuat dan memiliki kepastian karena ada “hitam di atas kertas”.


Baca juga Kendala Bisnis Printing

Pentingnya SPK dan Nota di dunia printing

SPK ini penting karena saat melakukan pekerjaan digital printing atau mencetak segala sesuatu , bagian penyedia jasa memiliki kepastian untuk mengerjakan sesuatu. Sehingga bisnis owner juga tidak kebingungan untuk menagih kepada siapa dan teknis menagihnya kapan dan seperti apa.

SPK ini berfungsi juga sebagai dokumentasi , sehingga memudahkan owner bisnis printing untuk mencari pesanan klien yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dan mengurangi kemungkinan kehilangan pesanan – pesanan lainnya. Di prinftlowsolution kita bisa memantau SPK mana yang belum dikerjakan, sedang dikerjakan dan juga telah selesai dikerjakan. 

Baca juga Ide Usaha Printing

Format SPK di Printing dan Percetakan

spk bisnis printing
source : pexels

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat SPK untuk bisnis printing adalah sebagai berikut : 

  1. Kop Surat : adalah instansi penerbit Surat Perintah Kerja. Biasanya berisi beberapa informasi penting seperti nama organisasi atau instansi , alamat, dan nomor telepon.
  2. Nomor Surat : dibuat karena agar memberi kemudahan dalam mencari dan verifikasi dokumen SPK.
  3. Identitas Pengguna Jasa : berisi identitas pengguna jasa (berisi data – data penting seperti alamat dan nomor telepon)
  4. Identitas Penyedia Jasa : berisi identitas penyedia jasa (berisi data – data penting seperti data alamat dan nomor telepon)
  5. Isi Perintah Kerja : berisi perintah kerja yang nantinya akan disepakati bersama
  6. Detail Kerja Lainnya : versi penjabaran lebih panjang dari poin isi perintah, sehingga memudahkan penyedia jasa saat mengerjakan permintaan pengguna jasa agar meminimalisir kesalahan pekerjaan printing
  7. Tanda tangan dan Nama Terang : selain dirangkap dua, harapannya salah satunya dibubuhkan materai yang menandakan persetujuan antara kedua belah pihak. 

Contoh Surat Perintah Kerja di Printing dan Percetakan

sumber : prinftlow solution

Anda bisa menyimpan dan membuat SPK di sistem printflow solution :

sumber : Printflow Solution

Baca juga Cara Promosi Bisnis Printing

PRINTFLOW Memudahkan Pengelolaan SPK dan Nota

Dengan printflow solution , bisnis digital printing dan percetakan akan bisa dengan mudah mengelola SPK apalagi kita memiliki klien yang cukup banyak dengan berbagai kebutuhan yang berbeda – beda. Hal ini akan mengurangi adanya kehilangan SPK dan nota yang akan memunculkan problem – problem lainnya. 

Dengan pengelolaan SPK dan nota yang mudah , akan turut serta memudahkan kita melakukan penagihan lebih mudah karena kita sudah memiliki kesepakatan dan ada kekuatan hukum karena ada hitam di atas putih. 

Semua hal di atas bisa kita lakukan dari jauh, tidak harus datang dan langsung cek ke kantor. Jadi bisnis owner lebih dimudahkan.

Hubungi kami melalui Whatapp Live Chat di sebelah Kanan Bawah untuk mendapat kemudahan – kemudahan aplikasi printflowsolution lainnya untuk mempermudah bisnis printing dan percetakan anda